6 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam merupakan jenis sayuran yang digemari di Indonesia. Manfaat Labu siam sendiri bisa dinikmati dengan berbagai cara, bisa direbus, ditumis, atau dicampur dengan berbagai masakan lain. Labu siam punya rasa yang manis, buahnya mirip dengan pir, serta punya banyak kandungan air. Labu siam sendiri punya banyak khasiat untuk menangkal berbagai macam penyakit karena kandungan nutrisinya.

6 manfaat labu siam

Kandungan nutrisi labu siam

Sayuran ini tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol dan lemak jenuh, dan rendah kalori. Makanya, labu siam ini sering direkomendasikan untuk orang yang ingin melakukan diet atau menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, labu siam kaya serat, zat besi, folat, antioksidan, fosfor, mangan, seng, vitamin B1, B2, B6, serta vitamin C.

Manfaat labu siam untuk kesehatan

1. Kaya antioksidan

Labu siam punya kandungan antioksidan di antaranya senyawa quercetin, morin, myricetin, dan kaempferol. Dari keempat senyawa itu, myricetin punya proporsi terbesar. Myricetin ini sendiri berfungsi sebagai antidiabetes, antikanker, bahkan anti-inflamasi.

2. Baik untuk jantung

Selain sebagai antioksidan, myricetin juga baik untuk jantung. Labu siam juga bisa mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan meningkat dan tekanan darah berkurang. Jika dua faktor jantung di atas terpenuhi, maka jantung kamu akan sehat. 

3. Membuat kehamilan tetap sehat

Di dalam labu siam terdapat zat folat dan vitamin B9. Dua hal tersebut sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung atau yang sedang merencanakan kehamilan.

Di masa awal kehamilan, kandungan folat dibutuhkan sebagai penunjang perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. Asupan folat yang cukup ini berperan penting dalam mencegah bayi lahir prematur. Rutin konsumsi labu siam akan membuat kebutuhan folat terpenuhi. Dalam sebuah labu ada lebih dari 40 persen RDI atau saran konsumsi harian.

4. Memperlambat penuaan dini

Salah satu kandungan yang ada di dalam labu siam adalah vitamin C. Vitamin C ini berperan penting sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas menyerang sel-sel kulit. Vitamin C juga diperlukan dalam membentuk kolagen di kulit. Kolagen sendiri berfungsi membuat kulit terlihat kencang dan tampak muda.

5. Memelihara kesehatan pencernaan

Dalam setiap labu siam terdapat flavonoid yang berfungsi melancarkan pencernaan. Flavonoid ini bekerja dengan cara mendorong enzim-enzim pencernaan yang terlibat pembuangan dan ekskresi limbah dalam saluran pencernaan. Tak heran kalau labu siam ini direkomendasikan untuk orang yang mempunyai asam lambung.

6. Menurunkan kadar gula

Kandungan lain yang ada di labu siam adalah karbohidrat. Kadar karbo dalam labu ini sangat rendah sedang serat larutnya tinggi. Dengan dua kandungan tersebut, labu dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah bisa dikontrol dengan cara mempengaruhi kinerja insulin. 

Dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ini sama saja kamu sedang membuat pola hidup kamu lebih sehat. Terutama untuk janin ibu hamil. Labu ini bisa dimasak dan dicampur berbagai macam masakan, mulai dari sayur, sop, hingga jus juga enak.

 

Artikel lainnya:  4 Penjelasan Hemoglobin atau Protein Dalam Sel Darah Merah